Katalog Baju Fashion

img_0425-edit

Picture 1 of 23

Di bidang fashion atau retail baju, pengambilan foto biasanya dilakukan dengan peralatan studio khusus seperti lampu softbox dan flash agar foto produk yang dihasilkan menjadi lebih menarik.

Selain model baju, faktor model orang (biasanya wanita) merupakan hal yang sangat penting agar foto yang dihasilkan dapat jauh lebih menarik dibandingkan dengan foto memakai patung/mannekin. Untuk foto model studio atau tempat foto harus cukup besar agar pengambilan foto tidak terganggu. Biasanya foto katalog baju memakai cahaya yang merata disemua sisi produknya agar produk terlihat dengan jelas dan hal tersebut lebih menarik bagi calon customer. Cahaya yang bagus untuk katalog baju misalnya jenis Long Dress, Casual, Gamis, Jilbab dsb dapat memakai beberapa lampu flash studio. Setelah sesi foto selesai filenya harus diolah lagi dengan software professional dengan bantuan komputer agar hasilnya lebih tajam dan maksimal. Katalog foto produk dapat dilakukan secara cepat karena antrian produk yang harus difoto bisa sangat banyak dan posisinya pun sudah ditentukan dari pertama kali foto dilakukan. Proses yang cukup memakan waktu pada foto baju katalog adalah ketika kita harus mempersiapkan baju yang akan difoto dan merapikannya setelah sesi foto selesai apalagi jika jumlah produk yang akan difoto jumlahnya puluhan, kita juga harus berhati hati agar baju/jaket/topi/jilbab yang akan kita foto tidak rusak.

Untuk membuat Foto level pro yang biasanya dimunculkan pada majalah atau website dengan kualitas warna yang tajam dan cemerlang, dibutuhkan skill khusus dan mengerti tentang konsep dari cahaya seperti direct/bouncing/pantulan dan juga harus mengerti untuk memakai Flash/Softbox/Reflector dsb. Foto bagus yang dibuat dengan kualitas tinggi tentu saja dapat menarik perhatian calon customer sehingga mereka tertarik untuk mencoba atau membelinya.

Jika anda ingin menghasilkan foto yang benar2 bagus dibutuhkan setidaknya peralatan fotografi / lampu studio yang harganya lumayan dan tidak murah. Kamera kelas professional yang sering digunakan untuk foto bagus saja bisa mencapai belasan sampai puluhan juta rupiah dan anda juga harus membeli lensa yang professional (1 lensa bisa mencapai belasan juta, jika anda berencana untuk membeli 3 lensa bisa mencapai 30juta-an), itu juga belum peralatan lampu studio yang harganya juga tidak dapat dilihat sebelah mata. Apakah anda mau membeli peralatan puluhan juta tersebut yang nantinya hanya akan dipakai selama beberapa hari saja?

Banyak orang yang salah paham dan menyepelekan betapa mudahnya membuat foto: hanya dengan modal beli kamera DSLR yang seharga 5jutaan mereka berpikir dapat menjadi seorang fotografer secara instan lalu menghasilkan foto yang bagus :( sebenarnya dengan biaya tersebut anda hanya mendapatkan kamera jenis Pemula dan Lensa standard yang kualitasnya sangat jauh dibandingkan dengan level pro, kesimpulannya:  fotografi yang benar2 serius itu membutuhkan investasi waktu lama dan peralatan yang mahal.

Tentu saja foto seperti foto produk,baju,kerajinan,makanan/minuman,motor/mobil dapat difoto dengan menggunakan handphone atau kamera biasa tapi hasilnya tentu saja biasa juga yang tidak menarik bagi customer dan kesalahan yang paling sering pemula lakukan adalah kurangnya cahaya ketika foto itu dibuat.

Ketika ada orang bertanya “Kok biayanya mahal, ga bisa turun lagi?” Karena memang sudah jelas investasi untuk peralatan kelas pro tersebut tidak murah, waktu untuk belajar fotografi juga tidak sebentar :) time is money. Selain itu faktor kreativitas dengan cara berpikir keras juga merupakan hasil karya fotografer yang orisinal dan harus dihargai.

Biaya untuk pemotretan produk dengan kualitas professional dan harga terjangkau dapat dilihat di halaman ini http://www.risnandar.com/harga-foto-paket-katalog-baju-fashion-food-desain-interior/

Katalog Baju Fashion was last modified: December 20th, 2013 by rispho