Menambah Fitur Wi-Fi pada kamera anda dengan FlashAir Toshiba

IMG_5796Sekarang ini transfer file photo dari kamera ke komputer atau telfon genggam secara cepat semakin marak dan lebih digemari. Dimulai dari teknologi OTG (On The Go) dimana kita bisa mengakses semua foto dalam memori card dengan Memory Reader dan telfon genggam sampai dengan teknologi terakhir dengan Wi-Fi. Saat ini ada beberapa vendor yang membuat teknologi Wireless LAN untuk kamera seperti Transcend, Eye-Fi dan Toshiba dengan branding FlashAir. Fitur akses secara wireless ini mulai digemari karena kita dapat mengupload foto terbaik dalam kamera kita ke media sosial atau internet secara cepat dan instan. Fitur WiFi ini juga sudah mulai diimplementasikan pada kamera-kamera terbaru terutama jenis kamera kecil MirrorLess dan mulai dipasang juga pada kamera semi/professional seperti Canon 6D dan Canon 70D. Saat ini ada juga produk khusus dari Canon untuk merubah DSLR anda agar dapat memakai fitur Wireless LAN tapi harganya mahal dan barangnya jarang ditemukan. Jika anda tidak mempunyai fasilitas WiFi pada kamera, jangan khawatir karena sekarang sudah tersedia kartu memori SD yang sudah mempunyai WiFi dan dapat langsung digunakan.

Produk yang saya pakai sekarang ini adalah produk dari Toshiba Jepang dengan nama FlashAir. Uji coba produk ini menggunakan Canon DSLR 60D dan lensa 50mm yang tidak mempunyai fasilitas Wireless.

IMG_5788

Flash Air ini merupakan kartu memori SD yang dapat digunakan pada kamera yang menggunakan slot memori SD, apakah itu kamera dengan merk Casio, Olympus, Nikon dsb. Cara kerjanya tidak kompleks, ketika memori card ini dipakai pada kamera, Wireless LAN pada memori tersebut akan aktif secara otomatis agar dapat diakses melalui handphone ataupun komputer yang mempunyai koneksi Wireless.

Screen Shot 2015-12-02 at 12.14.24 AMYang cukup rumit waktu pertama kali memakai alat ini adalah setup diawalnya, anda harus mendownload software khusus dari Toshiba agar Wireless LAN pada memori SD tersebut bisa digunakan, softwarenya dapat didownload dialamat https://www.toshiba.co.jp/p-media/english/download/wl/software02.htm . Ketika anda menginstall software tersebut tampilannya seperti ini:

screenshot-flashair-tool

Disini anda bisa membuat nama SSID dan password yang akan digunakan untuk terkoneksi dengan FlashAir dari handphone/komputer anda. Ketika proses inisialisasinya sudah selesai memory SD tersebut sudah aktif dan WiFi nya sudah dapat dipakai.

Proses koneksi ke memory card pertama tama adalah memberi power ke dalam memory card tersebut misalnya dengan memasukkan lalu menyalakan kamera anda dan kondisi kamera anda harus selalu AKTIF agar Wireless LAN pada memory cardnya tetap hidup dan bisa diakses, lalu anda harus  masuk ke network Jaringan FlashAir melalui handphone atau komputer, misalnya pada komputer tampilannya akan seperti ini

Screen Shot 2015-12-01 at 11.19.41 PM

pada gambar diatas terlihat ada tulisan ‘flashair_b86b230d95d4‘ itu adalah memory card anda yang sekarang sudah berfungsi sebagai web server mini pada FlashAir Toshiba. Klik pada jaringan tersebut untuk terkoneksi dengan memory cardnya, password standard untuk masuk kedalam jaringan tersebut adalah ‘12345678‘ kecuali anda sudah merubahnya pada proses inisialisasi/setup. Sebaiknya anda merubah password tersebut agar tidak semua orang dapat mengakses foto2 anda dan mengambilnya tanpa sepengetahuan anda :)

Setelah terkoneksi, untuk terhubung melalui Telfon genggam dengan OS Android dapat mengunduh software dari GooglePlay dengan nama FlashAir dari TOSHIBA Corp. https://play.google.com/store/apps/details?id=jp.co.toshiba.android.FlashAir&hl=en

Screen Shot 2015-12-01 at 11.34.22 PM

Sebenarnya, FlashAir Toshiba ini sifatnya pasif, anda hanya bisa melihat file yang memang sudah ada dalam memory cardnya dan setiap kali ada foto baru produk ini tidak akan mengirimkan file baru ke komputer/handphone anda, fitur ini hanya terdapat dalam produk EyeFi dan untuk tranfer file dengan format RAW anda harus memakai EyeFi tipe PRO.

Screen Shot 2015-12-02 at 12.13.34 AMJika anda pemakai Apple OSX, ada software gratis yang secara pintar akan mendownload file photo secara otomatis kedalam komputer anda dan langsung masuk kedalam direktori secara instan. Software inilah yang membuat saya tertarik untuk mencoba FlashAir toshiba dan softwarenya bernama FlashAirSync yang dapat didownload pada halaman http://blog.safari.am/?p=890

Screen Shot 2015-12-01 at 11.46.08 PM

setup software tersebut ada 2 langkah yang harus dilakukan

  1. Rubah alamat pada bagian Sync From, anda harus memasukkan alamat IP address FlashAir anda, disini IP addressnya 192.168.0.1, untuk memastikan apakah alamatnya sudah benar anda bisa mengakses alamat tersebut dengan browser lalu cek apakah FlashAir anda bisa diakses
  2. Rubah direktori/folder pada bagian Sync To, ini adalah direktori dimana file2 photo anda akan tersimpan pada komputer Apple anda.

setelah selesai klik Start untuk memulai sinkronisasi file antara kamera anda dengan komputer. Ketika sudah terkoneksi dengan lancar, file foto baru yang berada dikamera anda akan langsung dipindahkan ke komputer secara Wireless. File yang dipindah bisa berupa file JPG, RAW dan film yang berakhiran MOV.

Koneksi tranfer file secara otomatis ini sangat membantu terutama untuk pemotretan yang hasilnya dapat langsung dilihat pada komputer dan saya sering memakai teknik dan trik ini untuk berbagai kegiatan distudio terutama ketika menangani klien  pada sesi pemotretan baju fashion, foto produk, foto makanan distudio, still life, dll dimana foto yang baru dapat dilihat secara langsung dengan monitor yang besar untuk pengecekan pose model dan pemeriksaan warna produk. Fitur ini sangat praktis sehingga kita tidak perlu mengunduh file2 yang sudah kita ambil secara manual, ketika sesi foto dilakukan memory FlashAir ini akan terus mengirimkan datanya kedalam komputer anda sehingga Card Reader anda sekarang mulai jarang dipakai dan hanya digunakan ketika anda mengambil foto ketika jauh dari komputer tapi kelemahannya juga ada, dengan cara ini  baterai tentu saja lebih tinggi pemakaiannya dibandingkan dengan cara manual sebelumnya.

Menambah Fitur Wi-Fi pada kamera anda dengan FlashAir Toshiba was last modified: December 2nd, 2015 by rispho